CORONA

Mendengar kata virus corona atau yang belakangan dinamakan sebagai Covid-19 aja sudah bikin kuduk merinding.  Meskipun sebagian orang menganggapnya serius, namun tak sedikit juga loh ternyata yang menganggap enteng virus ini. Bagaimana dengan kalian gaes?

Virus yang pertama  kali menyerang ke seorang warga Wuhan – Tiongkok, disinyalir karena terpapar dari efek mengkonsumsi binatang liar yang merupakan  inang dari virus corona ini. Entah lah apakah benar sebab musababnya karena itu atau tidak.

Karena berbicara tentang kebiasaan mengkonsumsi olahan binatang liar bukanlah hal baru bagi masyarakat tiongkok, begitu katanya. Tetiba kok jadi teringat seperti film-film kungfu china nih, sering banget diceritakan si pendekar yang hidup berkelana di hutan atau pulau antah berantah gitu, mereka makan apa aja yang ditemukan, dan tetep hidup,  kungfunya tetep jago,  bahkan tetep terlihat awet muda..kalau di film loh yaahh hehehe.

Yang pasti  virus corona ini membuat geger jagat raya. Penyebaran virusnya itu loh gaes, luar biasa cepet banget. Hanya dalam hitungan hari, jumlah korban baik yang terindikasi maupun dinyatakan positif, meningkat dengan signifikan. Bahkan badan kesehatan dunia alias WHO menyatakan ini sudah  menjadi pandemic global.

Berbagai Negara melakukan cara yang berbeda-beda guna menekan penyebaran dan menanggulangi wabah ini. Tak terkecuali negri kita tercinta ini. Ada yang menyerukan agar pemerintah  segera mengambil tindakan untuk me-lockdown, namun ada juga yang menentangnya.

Aku sih yakin pemerintah pastiiii punya pertimbangan-pertimbangan sendiri yang dirasa penting untuk melindungi warga negaranya. Apapun itu, aku sebagai salah satu warganya wajib kudu mematuhi. Udah dehh.. gak usah sok2an mengomentari dan berdebat, bukan saatnya. Karena komentar kita itu kan hanya berdasarkan opini, persepsi dan analisa pribadi kita semata. Yang mungkin saja hanya memiliki sumber data dan Informasi yang terbatas.

Daripada hanya ngeyel, ngedumel, dan mencucu terhadap apa yang terjadi dan apa yang dialami, gimana kalo kita mengelola firikan kita untuk berbuat sesuatu hal positif yang bisa kita lakukan?

Tetap optimis bahwa wabah ini akan bisa terselesaikan, dan kita dapat berkegiatan seperti biasa. Yang karyawan bisa ngantor lagi. Yang pedagang bisa jualan lagi. Dan Stella bisa membuka kelas merangkai bunga nya kembali.

Stay safe..stay healthy gaess…!!

Have your say